Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pengrajin Besek di Grobogan Mengalami Lonjakan Pesanan

Rustaman Nusantara
Menjelang Hari Raya Idul Adha, jumlah pesanan besek untuk wadah daging kurban di Grobogan terus meningkat secara pesat.Foto:iNews/Rustaman Nusantara

GROBOGAN, iNewsSragen.id - Menjelang Hari Raya Idul Adha, jumlah pesanan besek untuk wadah daging kurban di Grobogan terus meningkat secara pesat. Para pengrajin dan pedagang besek mengalami kewalahan dan bahkan sempat menolak sejumlah pesanan, terutama yang dilakukan melalui online.

Beberapa ibu-ibu PKK Desa Depok, Kecamatan Toroh, Grobogan, Jawa Tengah, terlihat sibuk dalam proses pembuatan besek. Jumlah pesanan yang mereka terima meningkat lebih dari lima puluh persen sejak sebulan lalu.

Jika pada hari biasa mereka hanya mendapatkan pesanan antara lima puluh hingga seratus lima puluh besek, kini mereka harus menyelesaikan sekitar tiga ratus besek setiap hari.

Bahan dasar besek yang berupa bambu harus dipesan terlebih dahulu dari penjual bambu beberapa hari sebelumnya. Banyak pengrajin besek lain yang juga mengantri untuk mendapatkan bahan baku ini.

Dengan keahlian yang mereka miliki, ibu-ibu ini sangat terampil dalam memotong dan mengukur ketebalan bambu yang telah disayat menjadi tipis.

Susanti, seorang pengrajin besek yang telah menekuni usahanya selama beberapa tahun, mengaku kewalahan menerima pesanan karena banyak konsumen yang lebih memilih memesan melalui online atau WhatsApp.

Peningkatan pesanan yang signifikan ini membuat Susanti terpaksa menolak beberapa pesanan karena proses penyelesaian tidak bisa selesai sebelum Lebaran tiba.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network