Petahana Maju Pilkada, Kerawanan Pelanggaran Netralitas ASN di Sukoharjo Tinggi

Nanang SN
Konferensi pers rilis IKP oleh Bawaslu Sukoharjo.Foto:iNews/Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Perhelatan Pilkada 2024 di Kabupaten Sukoharjo hampir bisa dipastikan bakal diikuti calon petahana, yakni Etik Suryani yang kembali maju sebagai bupati berpasangan dengan Eko Sapto Purnomo sebagai calon wakil bupatinya.

Berdasarkan rilis Indek Kerawanan Pemilu (IKP) yang disampaikan Bawaslu, calon petahana dalam kontestasi Pilkada 2024 berpotensi memicu pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Dari 34 kota/kabupaten di Jawa Tengah, Kabupaten Sukoharjo masuk kategori rawan tinggi.

Keberpihakan ASN, kepala desa beserta perangkatnya terhadap calon petahana itu menjadi catatan tersendiri Bawaslu Sukoharjo untuk diantisipasi, seperti disampaikan saat menggelar konferensi pers rilis IKP dan pemetaan kerawanan pemilu, pada Jum'at (30/8/2024) lalu.

“Kabupaten Sukoharjo masuk kategori rawan tinggi dalam IKP 2024. Di Jawa Tengah, ada empat daerah yang masuk kategori rawan tinggi yakni Sukoharjo, Pemalang, Purworejo, dan Banyumas,” kata Ketua Bawaslu Sukoharjo, Rochmad Basuki, seperti dikutip pada Minggu (1/9/2024)

Ia mengurai, persoalan pelanggaran netralitas ASN menjadi perhatian serius Bawaslu Sukoharjo lantaran sudah pernah terjadi pada Pilkada Sukoharjo 2020 lalu. Pelanggaran itu terjadi dalam berbagai modus.

"Salah satu indikator kategori rawan tinggi karena persoalan pelanggaran netralitas ASN. Oleh karenanya, kami bakal melakukan upaya-upaya pencegahan guna menekan potensi pelanggaran pemilu dalam Pilkada Sukoharjo 2024 ini,” terangnya.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network