Kunjungi KPL Sragen, Komisi B DPRD Jateng: Harga Pupuk di Atas HET Ilegal Dikenakan Sangsi

Joko Piroso
Kunjungan Anggota Komisi B DPRD Jateng di KPL di Kampung Wonowoso, Sine, Sragen Kota, Jumat (26/4/2024).Foto:iNews/Joko

Dewan Penasihat Distributor Pupuk CV Harum Tani Sragen, Hagung Susilo Bayu Aji, memberikan informasi bahwa stok pupuk aman dan tersedia untuk dua minggu ke depan. Pupuk urea dan NPK masing-masing tersedia sebanyak 8 ton. Stok pupuk selalu siap setiap musim tanam untuk 105 KPL yang tersebar di berbagai kecamatan, termasuk Sragen Kota, Karangmalang, Sidoharjo, Gondang, Miri, Sukodono, dan Jenar.

Hagung menyebutkan bahwa serapan pupuk mencapai 47% dari alokasi selama setahun sebanyak 4.940 ton, yang sudah melebihi target yang ditetapkan oleh provinsi sebesar 36%. Meski demikian, masalah distribusi pupuk tetap perlu diawasi dan dikelola dengan baik untuk memastikan ketersediaan pupuk sesuai kebutuhan petani di Sragen dan menghindari praktik-praktik yang merugikan.

Politikus Partai Nasdem Sragen, Bambang Widjo Purwanto, menyoroti masalah rendahnya serapan pupuk pada Musim Tanam (MT) III, yang disebabkan oleh banyaknya lahan yang tidak ditanami atau lahan tidur akibat keterbatasan air. Serapan pupuk yang paling tinggi biasanya terjadi pada MT I dan II, di mana kebutuhan petani akan pupuk lebih besar.

Bambang mencatat bahwa Pupuk Indonesia melaporkan serapan pupuk mencapai 38%, namun masih ada sekitar 10% yang masih berada di distributor atau Kios Pupuk Lengkap (KPL). Hal ini menunjukkan bahwa ada permasalahan dalam distribusi pupuk yang perlu ditangani oleh Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3). Dia mengkritik kinerja KP3 Sragen, menyebutnya tidak berfungsi.

Bambang menyarankan agar distribusi pupuk disesuaikan dengan kebutuhan musim tanam. Idealnya, alokasi pupuk dibagi 40% untuk MT I, 40% untuk MT II, dan 20% untuk MT III. Namun, kenyataannya, hanya sekitar 27% yang dialokasikan oleh Dinas Pertanian.

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network