Panglima TNI: Operasi di Nduga Papua, 3 Pasukan Elite TNI AD Ini Siap Bertempur

SM Said
Foto Ilustrasi Pasukan Raider/Doc Okezone

3.Reader

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono telah menaikkan status operasi Nduga Papua menjadi siaga tempur usai serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Mugi Mam Nduga. Foto Ilustrasi Pasukan Raider/Doc SINDOnews

Batalyon Raider adalah unit pasukan elit TNI Angkatan Darat yang berada di bawah Pasukan Komando. Meskipun secara umum tidak berbeda dengan prajurit Batalyon Infanteri, namun kemampuan individu prajurit Raider lebih baik. Ide untuk membentuk pasukan elit di seluruh Kodam diusulkan pada tanggal 22 Desember 2003 oleh Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu, yang kala itu menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Tindakan ini dilanjutkan dengan meningkatkan kualifikasi 10 pasukan infanteri reguler menjadi Raider, salah satunya dilatih kemampuan antiteror di Pusdikpassus milik Kopassus. Tujuan dari pembentukan pasukan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan TNI dalam melakukan pencegahan. Batalyon Raider dapat beroperasi dalam unit kecil, rahasia, dan mendadak sehingga dapat meningkatkan daya cegah TNI.

Dalam penugasan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan berdasarkan catatan iNews.id ada dua Yonif Raider yaitu Yonif Raider 321/Galuh Taruna dan Yonif Raider Khusus 514/Sabadda Yudha yang bertugas sebagai Satgas Pamtas (pengamanan perbatasan) RI dengan PNG.

Disamping tiga Satuan Elite TNI AD ini, Satuan Organik Kodam XVII/Cenderawasih dan jajaran Korem 172/PWY telah bersiaga.

 

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network